BOLU MARKET DAY SCHEDULE 2014


tana toraja traditional market, pasar bolu tana toraja
Bolu Traditional Market Schedule


Bolu Traditional Market Schedule

Bolu Traditional Market Schedule



Terdapat 6 pasar tradisional di Toraja . Keenam pasar tradisional tersebut dinamakan berdasarkan nama daerah tempat pasar terebut berada. Masing-masing pasar tradisional dijadwalkan berlangsung sekali dalam 6 hari. Pada hari-hari tersebut, pedagang dan pembeli dari berbagai pelosok Tana Toraja datang untuk bertransaksi. 


Pasar Bolu merupakan pasar tradisional terbesar di Toraja. Selain bahan makanan, di pasar ini juga dapat ditemui penjual kerajinan-kerajinan khas Toraja seperti parang, tikar dan berbagai hasil kerajinan ukir. Pasar Bolu juga terkenal karena hanya di pasar ini, terdapat pasar hewan yang menjual kerbau dan babi. Kerbau dan babi merupakan hewan penting bagi suku Toraja karena diperlukan dalam prosesi upacara adat rambu solo'. Di pasar Bolu, kerbau dengan berbagai jenis dan ukuran mudah ditemui, dari harga belasan juta hingga ratusan juta rupiah. (Baca: Jenis-jenis Kerbau di Toraja Berdasarkan Warna dan Tanduknya)

Untuk menuju pasar Bolu cukup mudah karena di Bolu terdapat terminal antar kota yang menghubungkan kota Rantepao dengan kota-kota dan daerah sekitarnya. Dari Rantepao, cukup dengan menumpang angkot jurusan Bolu - Rantepao dengan tarif seharga Rp. 2.000/penumpang atau jika berangkat dari Makale, cukup menggunakan angkot Makale - Rantepao dengan tarif Rp. 7000/penumpang.

Aktifitas di Pasar Bolu dimulai dari pagi hingga sore hari. Pucaknya adalah dari pukul 09.00 - pukul 14.00. Tingginya aktifitas keluar masuk kendaraan di pasar ini membuat jalan di sekitar pasar menjadi macet sehingga pengguna kendaraan pribadi banyak yang memilih memarkir kendaraannya di luar lokasi pasar dan kemudian melanjutkan dengan berjalan kaki.

Selamat berwisata di pasar tradisional!



BOLU MARKET DAY SCHEDULE 2014 BOLU MARKET DAY SCHEDULE 2014 Reviewed by Torayaa on 9:43:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.