TORAYA ETHNIC FEST. 2014

lovely december 2014, toraja tourism information
Toraya Ethnic Fest 2014

Tari dan musik tradisional Toraja, merupakan komponen dalam berbagai upacara keagamaan yang berhubungan dengan agama suku Toraja, Aluk to Dolo. Seiring dengan masuknya agama Kristen yang kemudian menjadi agama mayoritas yang dipeluk masyarakat Toraja, seni musik dan tari tradisional Toraja tidak lagi digunakan untuk ritual-ritual  Aluk to Dolo tetapi beberapa dapat diadaptasikan dengan ajaran Agama Kristen. Seni tari dan musik yang lain yang dianggap bertentangan dengan ajaran agama Kristen secara perlahan menghilang karena tidak ada penerusnya.

Untungnya, kesadaran untuk melestarikan seni tari dan musik tradisional Toraja mengalami peningkatan yang menggembirakan beberapa tahun terakhir. Untuk menikmati keunikan seni musik dan tari Toraja, menyaksikan TORAYA ETHNIC FEST. pada tanggal 29 Desember 2014 pukul 19.00 WITA - selesai di lapangan Bakti Rantepao, bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.



Peta Lapangan Bakti Rantepao
(Lokasi Toraya Ethnic Fest. 2014)

TORAYA ETHNIC FEST. 2014 akan menampilkan seni tari seperti: manimbong, ondo pua, manganda' dan gellu' tua; seni musik seperti: gandang deata, geso'-geso' dan penampilan band etnik Tindoki dan Caltras band. Dinamika yang telah dialami seni tari dan seni musik tradisional Toraja hingga saat ini dapat diamati dalam kegiatan ini.


Kesadaran untuk menggali seni musik dan tari tradisional Toraja semoga saja dapat semakin memperkuat identitas suku Toraja yang saat ini sudah mulai terlalu banyak mengadaptasi budaya luar.
TORAYA ETHNIC FEST. 2014 TORAYA ETHNIC FEST. 2014 Reviewed by Torayaa on 5:14:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.