JADWAL UPACARA RAMBU SOLO' JULI - AGUSTUS 2018 DI TORAJA

funeral ceremony, rambu solo', upacara pemakaman toraja
Jadwal Rambu Solo' di Toraja, Juli  - Agustus 2018

Seluruh proses peralihan dari dunia ini ke dunia asal, disucikan dengan komponen upacara yang disebut Aluk Rambu Solo' atau Aluk Rampe Matampu'. Arti (harafiah) kata rambu solo' adalah asap turun (asap menurun) sedang rampe matampu' artinya sebelah barat. Disebut rambu solo' karena ritus persembahan mulai dilaksanakan ketika matahari mulai menurun dan disebut rampe matampu' karena dilaksanakan di sebelah barat rumah Tongkonan dan dilaksanakan ketika matahari berada di sebelah barat. Aluk rambu solo' adalah jalan atau jaminan untuk dapat kembali ke negeri asal.

Aluk Rambu Solo' itu bertingkat-tingkat. Keluarga yang bersangkutan atas petunjuk para pemangku adat akan menentukan tingkat aluk yang akan digunakan. Terdapat tiga tingkat, yaitu tingkatan paling bawah aluk pottae'-tae' atau dibaa bongi atau ditutungan bia' atau disilli' (terdapat penggunaan istilah yang berbeda di beberapa tempat di Toraja). Tingkat menengah atau tingkat paling tinggi yang disebut dirondon padang, rapasan sapu randanan, dipa'baratan, atau dialuk palodang.

Pustaka:
Pusbang Gereja Toraja. 1996. Aluk Rambu Solo' dan Persepsi Orang Kristen Terhadap Rambu Solo'. Percetakan Sulo Gereja Toraja.
JADWAL UPACARA RAMBU SOLO' JULI - AGUSTUS 2018 DI TORAJA JADWAL UPACARA RAMBU SOLO' JULI - AGUSTUS 2018 DI TORAJA Reviewed by Torayaa on 6:17:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.