JADWAL MA' NENE'

events in toraja, event di toraja 2018
Jadwal Ma' Nene' 2018
"
Ma'nene adalah kegiatan di sekitar kubur, dengan membersihkan liang kubur, memberikan persembahan kepada arwah leluhur, memberi bungkus baru kepada jenasah apabila bungkusnya sudah tua, dan mengganti pakaian tau-tau yang sudah lapuk. Upacara ini dilaksanakan setelah panen. Di beberapa daerah, ritus ini merupakan kelengkapan rambu solo' dan dilaksanakan setelah panen berikutnya setelah pemakaman. Sementara di beberapa daerah lainnya, ritus ini tidak rutin. Untuk beberapa daerah lainnya, kesempatan ma' nene' digunakan untuk menyusulkan atau menambah korban persembahan bagi mereka yang telah dimakamkan tetapi masih kurang perbekalannya ketika dimakamkan dulu. Di daerah Pantilang, upacara ini disebut ma'tollongi atau ma' paundi.

Bagi masyarakat Baruppu', upacara ma' nene' merupakan acara tahunan yang dilaksanakan setelah panen. Ma'nene' adalah penghormatan bagi seluruh arwah yang jenasahnya ada di dalam liang lahat di Baruppu' sehingga upacara ini meliputi seluruh orang Baruppu'. Ma' nene' juga menjadi kesempatan mengucapkan belasungkawa bagi keluarga yang dulu tidak menghadiri pemakaman karena tidak seperti di daerah lain, jenasah di Baruppu' tidak boleh disimpan lebih dari 5 malam.
"

Pustaka:
Pusbang Gereja Toraja. 1996. Aluk Rambu Solo' dan Persepsi Orang Kristen Terhadap Rambu Solo'. Percetakan Sulo Gereja Toraja.
JADWAL MA' NENE' JADWAL MA' NENE' Reviewed by Torayaa on 8:46:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.